Mau Menulis dengan Bebas, Buanglah Pikiranmu terlebih dahulu

Hari jumat 26 Januari 2013 saya mengikuti kuliah belajar menulis yang dibawakan oleh pak Hernowo.

Yang pertama terlintas dipikiran saya adalah kita akan diajarkan tentang bagaimana menulis dengan berbagai aturan yang harus di patuhi tetapi ternyata kita malah dijarkan bagaimana bisa menulis lepas bebas dan menuangkan apa yang ada di pikiran kita kedalam bentuk tulisan. Saya agak kesulitan untuk pertama kali diperintahkan untuk menulis bebas karena yang paling susah itu mencari ide yang ingin kita tulis, ternyata justru itu lah yang membuat saya kesulitan menulis,yak arena saya bukanya menulis secara bebas tapi malah pusing dengan konsep padahal saat menulis ya harusnya tulis saja dulu apa yang ada baru kemudian diperbaiki, kebiasaan saya yang selalu mengoreksi tulisan saya sebelum selesai membuat saya jadi jarang menulis, masih butuh banyak latihan dan membaca.

Pertanyaan:

1. Ketika kita mengalami writer’s block bagaimana tips tips agar kita bisa mengatasinya

2. Dalam menulis sangat dianjurkan sebuah originalitas yang ingin saya tanyakan adalah, apabila saya menulis dan mengambil referensi dari karya orang lain tetapi tetap menggunkan gaya bahasa saya itu masih bisa di katakan original?

3. saya belum pernah menulis sebuah buku dan ada keinginan untuk bisa menulis, langkah awal apa yang harus saya ambil dalam memulai hal ini?

Leave a Reply

